Misteri Ikan Raksasa di Dasar Danau Toba

 

Ikan Raksasa Danau TobaAJAIBNYA.COM – Misteri ikan raksasa di dasar danau Toba kembali membuat warga sekitar danau geger dan merenungkan kembali sejumlah legenda, mitos dan misteri danau Toba selama ini.

Adalah Lela Siregar, warga Tanjung Pinggir, Siantar Martoba, Sumatera Utara yang telah menemukan seekor ikan raksasa di Sungai Sigulang-gulang  pertengahan 2011 yang lalu.

Sungai Sigulang-gulang merupakan anak sungai yang mengalir dari danau Toba. Ikan raksasa yang panjangnya sekitar 1,5 meter dan berbobot hampir 40 Kg ini mengundang perhatian banyak warga. Mereka berdatangan untuk menyaksikannya dengan mata kepala sendiri.

Pada saat itu, keluarga Sinaga yang tinggal tidak jauh dari kediaman Lela Siregar datang berkunjung dan meminta ikan raksasa tersebut.

Mereka mengatakan bahwa ikan raksasa itu adalah namboru mereka. Namboru adalah kata lain dari bibi atau tante. Karena merasa sedang berurusan dengan kehormatan leluhur orang lain, Lela Siregar pun merelakan ikan raksasa itu berpindah ke rumah Maju Sinaga.

Di rumah Maju Sinaga, ikan raksasa tersebut diletakkan di sebuah ranjang yang rapi, dengan mangkok berisi beras, telur ayam, dan jeruk purut di sampingnya. Seorang perempuan tua melarang orang-orang yang ingn mengabadikan ikan tersebut.

Selanjutnya, keluarga Sinaga akan membawa ikan tersebut ke kampung mereka di Kecamatan Mogang, Samosir. Nantinya ikan ini akan dilarungkan ke Danau Toba supaya bisa kembali ke hadapan namboru mereka. Keluarga Sinaga rupanya percaya ikan ini adalah sampan bagi leluhur mereka itu.

“Saudara kami di datangi namboru di dalam mimpinya tiga hari sebelum ikan itu ditemukan. Namboru menyuruh kami mencari solu-nya (sampan) yang hanyut,” kata seorang perempuan muda kerabat Maju Sinaga ketika itu.

BACA:  Masa Lampau Sebelum Peradaban Manusia

Maju Sinaga mengaku tidak perduli jika orang lain menganggap aneh perlakuan mereka terhadap si ikan raksasa. “Biarlah orang menganggap orang aneh. Ini kepercayaan kami. Memang sudah sejak dulu begini,” katanya.

Bagi sebagian masyarakat di sekitar danau Toba, ikan raksasa jenis Arapaima ini dipercaya merupakan “sampan” bagi leluhur mereka dan karena itu, mesti diperlakukan dengan sebaik-baiknya jika ditemukan oleh warga sekitar.

PENEMUAN IKAN BATAK RAKSASA DI DANAU TOBA

Selain ikan raksasa seperti yang ditemukan Lela Siregar, danau Toba memang dikenal memiliki sejumlah spesies ikan langka di dunia. Salah satunya adalah ikan Batak. Umumnya ikan batak hanya memiliki berat antara 1-5 kg dan untuk sebesar itu, saat ini sudah sangat sulit untuk ditemukan.

BACA:  Jejak Gunung Sunda Purba di Tanah Pasundan

Ikan Batak Raksasa di Danau Toba

Tetapi alangkah mengejutkannya ketika ada ikan Batak Raksasa yang ditemukan seorang nelayan di perairan pantai Danau Toba, tepatnya di Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Tobasa, 5 November 2013 lalu. Seekor ikan Batak Raksasa dengan berat 23 kilogram dengan panjang 1,5 meter. Benar-benar ikan raksasa!

Penduduk di sekitar mengakui bahwa ikan Batak raksasa ini baru pertama kali ditemukan. Ini merupakan sejarah bagi Suku batak di sekitar wilayah tersebut. Ikan Batak sering dipergunakan untuk obat dan juga persembahan kepada nenek moyang.

Dipercaya, mereka yang menemukan ikan Batak di danau Toba sudah sangat beruntung. Ikan batak kalau dibeli tidak ada istilah tawar menawar harga. Berapa pun harga yang dipatok pemiliknya, ikan Batak tetap akan dibeli karena menyangkut kepercayaan dan mitos yang sudah melegenda.

BACA:  Awal Kisah Peradaban Nusantara

IKAN RAKSASA DI PINGGIRAN DANAU TOBA

Entah berhubungan atau tidak dengan legenda atau mitos adanya ikan raksasa di dasar danau Toba, tetapi saat ini kita bisa menjumpai adanya bangunan berbentuk ikan raksasa di daerah Sipolha, Parapat.

Bangunan ini tidak jelas sejarah peruntukannya. Ada yang bilang bahwa dulunya bangunan ini adalah hotel, namun ada juga yang bilang jika ini adalah bekas restoran. Ada juga yang mengatakan bahwa sebenarnya bangunan ini adalah bekas perpustakaan yang sudah lama tidak dipakai.

Ikan Raksasa di Pinggiran Danau TobaBangunan berbentuk ikan raksasa di Parapat, pinggiran danau Toba

Jika kita masuk ke dalam bangunan tua ini, dari jendelanya kita bisa menyaksikan pemandangan indah danau Toba dari sisi yang berbeda, bagaikan kolam raksasa dengan air yang tenang dengan pulau Samosir di kejauhan.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN