Taj Mahal, Bangunan Megah Menyerupai Masjid di India

 

AJAIBNYA.COM – Taj mahal India merupakan bangunan paling simetris yang bisa menjadi contoh arsitektur terbaik. Taj mahal dibangun dengan apitan 2 masjid di kanan dan kirinya. Sementara isi di dalam bangunan ini merupakan makam orang penting.

Taj Mahal India

Bukan hanya berdiri sebagai bangunan yang dilindungi, taj mahal juga menyimpan kisah cinta romantis serta penuh air mata. Konon kisah ini diabadikan oleh sastrawan asal India bernama Rabindranath Tagore dan semua orang bisa mengetahuinya hingga saat ini.

Taj mahal di India bisa dikatakan sebagai bangunan unik di dunia karena tersusun oleh marmer putih dan nyaris tidak ada satu pun bangunan yang mampu menyerupainya. Tidak heran jika kemudian bangunan ini menjadi salah satu situs peninggalan dunia yang diajaibkan.

Sampai saat ini taj mahal India menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Taj mahal menjadi salah satu warisan sejarah yang berharga bagi India sebab belum ada bangunan di dunia ini yang sangat simetris persis seperti bangunan taj mahal.

BACA:  Asgardia, Negara Buatan Luar Angkasa Pertama Segera Dibangun

Kisah Cinta di Balik Pembangunan Taj Mahal

Tagore mengatakan bahwa taj mahal India dibangun atas alasan cinta. Hal tersebut berdasarkan pada sejarah bahwa latar belakang taj mahal ini dibangun guna menghormati mendiang istri penguasa Dinasti Mughal. Kala itu raja yang berkuasa bernama Shah Jahan.

Bangunan ini menyerupai masjid, namun faktanya dibangun sebagai pemakaman. Mumtaz Mahal merupakan istri sang penguasa dan bisa menjadi alasan kenapa sampai saat ini bangunan tersebut dikenal dunia dengan nama taj mahal dan dibangun dengan begitu sempurna.

Taj Mahal India

Shah Jahan bukan raja yang berbeda pada masanya, di mana ia memiliki lebih dari satu istri. Namun, konon sang penguasa hanya menaruh hati pada satu wanita bernama Mumtaz Mahal. Saking cintanya, ketika sang istri meninggal setelah kelahiran anak ke-14 dibangunlah taj mahal India.

BACA:  5 Tempat Terindah Di Planet Ini Yang Jarang Dikunjungi

Saking cintanya Shah Jahan terhadap mendiang Mumtaz Mahal, keluarlah perintah beliau untuk membangun makam dengan bangunan spektakuler. Siapa yang menduga bahwa detik ini makam tersebut beralih fungsi menjadi destinasi wisata tempat orang banyak mengambil hikmah.

Tragedi di Balik Pembangunan Taj Mahal

Di balik pembangunan taj mahal India yang dibumbui oleh nuansa romantis, ada kisah lain di belakangnya. Konon, untuk mematuhi perintah Shah Jahan, banyak pekerja yang diperintah. Saking megahnya bangunan ini hingga membutuhkan 20.000 pekerja selama 22 tahun.

Sisi menarik lain dari pembangunan taj mahal adalah keterlibatan sebanyak seribu gajah untuk merealisasikan perintah raja. Shah Jahan barangkali sangat mencintai sang istri hingga setelah pekerja selesai membangun makam megah tersebut sang raja memotong ibu jari mereka.

BACA:  Fenomena Aneh Di Pegunungan Siberia

Taj Mahal India

Kabarnya sang raja tidak rela jika semua arsitek dan pekerja bisa menciptakan bangunan yang lebih megah dari taj mahal. Namun, perlu riset mendalam sebab kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya, selain berupa bumbu untuk mempercantik sejarah taj mahal.

Namun, ada fakta lain yang mengerikan bahwa di Shah Jahan menderita sakit selama 9 tahun sebelum ajalnya tiba. Yang menyedihkan lagi adalah kedua anak hasil pernikahannya dengan Mumtaz Mahal justru saling berebut kekuasaan, bukannya berduka tatkala sang raja tiada.

Terlepas dari romantis dan penuh air matanya sejarah bangunan taj mahal di India, kini bangunan tersebut diakui UNESCO sebagai situs warisan bersejarah di dunia. Taj mahal India bisa menjadi pelajaran yang berharga, baik dari kokohnya bangunan hingga bumbu percintaannya.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN