Contoh Naskah Drama Bahasa Sunda

 

Siapakah Sebenarnya Orang SundaAJAIBNYA.COM – Naskah drama banyak diperlukan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahan anak-anak SD, SMP atau SMA saat ini.

Naskah drama yang dibutuhkan antara lain disajikan dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa daerah, seperti naskah drama dalam bahasa Sunda atau bahasa Jawa.

Khusus untuk naskah drama bahasa Sunda sebenarnya tidak terlalu banyak yang bisa ditemukan. Mungkin karena literatur pendukung tidak tersebar merata ke sekolah-sekolah yang ada.

Meski demikian, kita tetap bisa mendapatkan beberapa contoh naskah drama yang disajikan dalam bahasa Sunda, dan ada pula sejumlah contoh naskah drama yang diterjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda.

Sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat naskah drama singkat dalam bahasa Sunda. Caranya adalah dengan mengambil naskah drama dalam bahasa Indonesia lalu kemudian kita terjemahkan ke dalam bahasa Sunda dengan menggunakan website kamus pernerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Sunda.

BACA:  Contoh Karangan Argumentasi

Tetapi jika cara di atas rumit untuk Anda, berikut ini kami sajikan contoh naskah drama bahasa Sunda yang sudah siap dan bisa Anda jadikan contoh membuat naskah drama bahasa Sunda yang lainnya.

SASAKALA SITU BAGENDIT

Kacaritakeun di hiji desa anu leutik. Aya hiji awewe anu katelahna Nyi Nendita, manehna teh keur mondar-mandir di buruan lantaran bingungeun ku kakayaana anu sakitu lobana.

Kumaha carana meakeun harta bandana anu sakitu lobana, padahal disagedengeun imahna loba tatanggana anu kalaparana, tapi manehna teu haying nyaho saeutik-eutik acan.

BABAK II

Di jalan, si Miemoda panggih jeung si Sungkarr, Nantri, jeung Vitrie keur arulin catur di pinggir jalan.

Vitrie: A Miemoda!

Sungkarr: Mod, rék kamana manéh?

Miemoda: rék ulin wéh, néangan batur!

Sungkarr: cenah Bapa manéh karék balik ti London euy! mawa oléh-oléh atuh?

Miemoda: nya geus tangtu atuh! urang dipangmeulikeun sapatu buatan London asli……….

Sungkarr: wah, pasti alus pisan atuh!

Nantri: Miemoda mah bagja pisan nya boga kolot nu benghar!

Miemoda : Nya geus tangtu atuh, iyéy……..!

Nantri: mana atuh oléh-oléh kanggo Nantri?

Miemoda: ah…, hilap! pami hoyong mah, tuh di bumi seueur jéngkol London.

Sungkarr : aduh, hayang atuh urang, Mod! pasti pééd pisan meureunan nya?!

Miemoda: tapi keur manéh mah sasiki baénya?

Sungkarr : Ah, manéh mah dasar korét.

Miemoda: Manéh tong loba-loba dahar jéngkol euy! bisi jéngkoleun!!

Miemoda: nya geus atuh urang rek balik heula, nyiapkeun hadiah keur Nantri.

Miemoda: Sungkarr kadieu heula, kumaha geus disalamkeun acan ka si Nantri teh?

Sungkarr : beres atuh mod!!

Untuk menghemat tempat di halaman ini, naskah drama bahasa Sunda di atas kami sajikan hanya untuk percakapan pada babak kedua saja. Mudah-mudahan naskah drama ini bisa menjadi contoh untuk menyelesaikan tugas Anda. Semoga bermanfaat.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN