Situs Gunung Padang

 

AJAIBNYA.COM – Situs Gunung Padang kembali ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir. Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Situs ini berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Menurut sejumlah penelitian geologi terakhir, situs Gunung Padang dipercaya telah ada sejak 12.000-20.000 tahun yang lalu. Hal ini sudah diuji oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan di Miami, AS. Situs Gunung Padang ini semakin menyita perhatian publik setelah Presiden SBY berkunjung ke situs ini pada 26 Februari 2014 kemarin.

Dikutip dari TribunNews.com, SBY sangat mendukung penelitian terhadap Gunung Padang. Ia pun ingin penelitian tetap dilanjutkan. Menurutnya, penelitian dan pemugaran situs itu harus dituntaskan.

BACA:  Keistimewaan Kupu-Kupu Raja Berimigrasi

“Saya ingin situs ini bisa seperti Candi Borobudur. Kami akan berupaya Gunung Padang ditetapkan sebagai cagar budaya nasional,” kata SBY.

SBY juga ingin penelitian terhadap Gunung Padang dilakukan oleh peneliti dari dalam negeri. Anggaran pun akan disiapkan untuk mendukung penelitian situs itu. Sekadar informasi, saat ini juga banyak peneliti yang berasal dari luar negeri yang ikut melakukan penelitian di situs Gunung Padang.

VIDEO PENELITIAN SITUS GUNUNG PADANG

Untuk melengkapi informasi Anda seputar perkembangan terkini situs Gunung Padang ini, maka berikut ini kami sajikan video hasil pemindaian bawah permukaan dan sketsa hipotesis berdasarkan penelitian komprehensif di Gunung Padang:


 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN