Munculnya Patung Lembu Suro

 

AJAIBNYA.COM – Isi munculnya patung Lembu Suro di lereng gunung Gadang, sebelah selatan gunung Kelud di Kediri beberapa hari terakhir menarik minat warga untuk mengecek kebenarannya.

Konon, patung Lembu Suro yang berada di lereng gunung Gadang tersebut sama sekali tidak tersentuh abu vulkanik. Daerah sekitarnya tampak bersih dan seperti tidak terganggu dampak letusan gunung Kelud beberapa pekan lalu.

Patung Lembu Suro di KediriSalah satu patung Lembu Suro di lereng gunung Kelud, Kediri

Menurut legenda, Gunung Kelud terbentuk karena pengkhianatan cinta Putri Jenggala, Dewi Kilisuci, terhadap Mahesa Suro dan Lembu Suro.

Karenanya, Lembu Suro bersumpah di sisa napas terakhirnya untuk memusnahkan Kediri dan daerah sekitarnya setiap 20 tahun sekali. Sumpah ini telah terbukti dengan letusan gunung Kelud beberapa pekan lalu.

BACA:  Batu Tulis Sang Hyang Tapak Galuh Ciamis

Percaya atau tidak, letusan gunung Kelud terjadi bertepatan dengan perayaan hari Valentine, hari kasih sayang. Mudah mengaitkan letusan ini sebagai pelampiasan dendam Lembu Suro yang mengalami kegalauan akibat cintanya yang dikhianati oleh Puteri Jenggala, Dewi Kilisuci.

Patung Lembu Suro di Lereng Gunung Gadang KediriPatung Lembu Suro di Lereng Gunung Gadang Kediri

Nah, beberapa hari terakhir Kediri kembali digemparkan dengan beredarnya foto-foto kemunculan patung Lembu Suro ini. Masyarakat meyakini bahwa keberadaan patung Lembu Suro ini seolah ingin meninggalkan pesan bahwa jangan pernah melupakan Lembu Suro dan legendanya, juga sumpahnya untuk selalu meletuskan gunung Kelud 20 tahun sekali.

Benarkah demikian?

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

definisi air terjung menurut para ahli, sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera

JANGAN LEWATKAN