Keris Peninggalan Prabu Siliwangi

 

AJAIBNYA.COM ~ Keris Naga Runting, Keris Sakti Nan Mewah dan Penuh Keindahan. Keris Naga Runting memiliki bilah berbentuk naga dengan gagang yang berbentuk manusia.

Keris Naga Runting
Keris Naga Runting

Konon, Keris Naga Runting merupakan salah satu senjata Prabu Siliwangi, Keris Naga Runting terbuat dari bilahan paku emas yang ditempa sepipih mungkin dan dirajah dengan dengan pahatan kepala serta ekor ular yang dimoncongkan mulutnya ke depan berkelok.

Sebagai koleksi pajangan tersendiri dan keperluan lainnya. sangat indah dan memiliki nilai seni tersendiri. Keris Naga Runting, Keris Sakti Pusaka Prabu Siliwangi.

Menurut Pemiliknya yang akrab dipanggil dengan Mbah Soleh (67 thn), Keris Naga Runting yang dimilikinya merupakan pemberian dari kakek buyutnya namun ia tidak mengetahui dari mana kakeknya mendapatkan keris Naga Runting itu.

Mbah Soleh, Pria Kelahiran Pasuruan Jawa Timur yang sejak kecil menetap di Cirebon juga menuturkan bahwa dirinya diamanati oleh kakeknya untuk merawat keris Naga Runting tersebut, dan menurut kakeknya keris Naga Runting adalah salah satu senjata Prabu Siliwangi.

BACA:  Tentang Sundaland Lemuria/Kumari Kandam

“Keris ini pemberian kakek buyut saya yaitu ayah dari kakek saya pada waktu saya masih berusia 17 tahun. Kakek buyut saya bernama Abdul Karim.

Saya sendiri tidak mengerti mengapa kakek buyut saya menyerahkan keris ini kepada saya dan meminta saya untuk merawatnya, kenapa bukan kepada kakek saya atau ayah saya.

Ya kira-kira sebulan sebelum kakek buyut saya wafat. Kakek buyut saya wafat di usia kira-kira 145 tahun. Kata kakek buyut saya, keris Naga Runting ini merupakan salah satu dari senjata pusaka Prabu Siliwangi”, tutur Mbah Soleh kepada infomistik saat ditemui di kediamannya di Cirebon, Jawa Barat.

Ditanya mengenai khasiat atau kegunaan atau keampuhan keris Naga Runting tersebut, Mbah Soleh mengatakan bahwa Keris Naga Runting bukanlah senjata biasa melainkan senjata pusaka yang memiliki tuah sebagaimana senjata bertuah para raja pada umumnya.

BACA:  Ulasan Mengenai Perkembangan Arkeologi

“Mengenai kegunaan atau keampuhannya, keris Naga Runting ini tentunya sangat ampuh karena merupakan senjata pusaka raja. Yang jelas untuk kewibawaan dan kesaktian mas”, Jelas Mbah Soleh.

“Menurut cerita kakek buyut saya, di masa kejaan kerajaan Galuh Pajajaran, Prabu Siliwangi atau Prabu Munding Wangi, beliau sangat percaua akan kedahsyatan paku emas.

Beliau juga tak tanggung-tanggung untuk mencari para pertapa maupun mpu sakti serta linuwih, untuk menciptakan senjata pilih tanding yang bersifat tak terkalahkan, yang terbuat dari paku emas.

Di antara senjata Prabu Siliwangi yang tak tertandingi itu adalah Keris Naga Runting terbuat dari bilahan paku emas yang ditempa sepipih mungkin dan dirajah dengan pahatan kepala serta ekor ular yang dimoncongkan mulutnya ke depan dengan luk 13 berkelok”. Tambah Mbah Soleh.

BACA:  Sejarah Asal Mula Nama Indonesia

Paku emas adalah suatu benda sakral yang mempunyai beragam macam sifat. Paku emas dibuat dan dibentuk oleh seorang dewa bernama Brahmana guru, sebagai lambang akan manusia yang mempunyai sifat luhur, bijak, serta jujur.

Diantara maraknya kedahysyatan serta kesaktian paku emas, para wali pun pernah membuatnya. Sebagai suatu hidayah akan keberkahan alam dari Sang Pencipta semesta.

Sementara itu, di tempat terpisah ki Djarwo, ahli pusaka yang tinggal di Yogyakarta mengatakan bahwa mungkin saja benar bahwa Keris Naga Runting memang merupakan salah satu senjata andalan Prabu Siliwangi.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN