Keajaiban Tempat yang Mengherankan di Bumi

 

Di sini kita berbicara tentang hal-hal menakjubkan yang membuat planet Bumi begitu luar biasa. Beberapa kreasi alam paling mengesankan di Bumi terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun, tak terduga dan menciptakan rasa takjub.

Kali ini kami akan menyajikan beberapa tempat yang nyata di bumi yang telah membuat banyak orang bertanya-tanya. Beberapa tempat memiliki estetika penampilan yang sangat unik, beberapa tempat juga cukup mengherankan.

Salar de Uyuni, Garam Terluas Di Dunia

Garam Terluas Di Dunia
Salar de Uyuni, Garam Terluas Di Dunia

Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 m.

Sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun.

Kawah Berapi, Lubang Yang Menyala-nyala

Kawah Berapi
Kawah Berapi, Lubang Yang Menyala-nyala

Lubang berapi ini terdapat di jantung Gurun Karakum di Derweze, Turkmenistan, bukanlah akibat serangan terhadap Bumi yang diluncurkan dari luar angkasa. Ini adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi lebih dari 40 tahun yang lalu, dan api terus membakar sejak saat itu.

BACA:  Silang Pendapat Tentang Keberadaan Piramida di Gunung Sadahurip

Namun sudah lebih dari empat decade yang lalu, dan kawah masih menyala. Nyalanya terlihat dari Derweze setiap malam. Tahukah, Derweze (juga dibaca Darvaza) berarti “Gerbang” dalam bahasa Turkmen, sehingga penduduk setempat telah menjuluki kawah pembakaran.

Racetrack Playa, Batu Yang Bisa Berjalan Sendiri

Racetrack Playa, Batu Yang Bisa Berjalan Sendiri
Racetrack Playa, Batu Yang Bisa Berjalan Sendiri

Bahkan NASA masih bingung dalam hal ini. Racetrack Playa adalah dasar tanah sangat datar dan kering terletak di atas sisi barat laut dari Death Valley, di Death Valley National Park, California. Playa terkenal karena salah satu misteri yang paling aneh dari planet Bumi. Batuan ini dapat ditemukan di tanah datar playa dengan jejak yang panjang di belakangnya.

BACA:  Kemashyuran Kekayaan Nusantara

Meskipun tidak ada yang pernah benar-benar melihat pergerakan Batu, trek berkelok-kelok tertinggal di permukaan tanah membuktikan aktivitas mereka. Beberapa batuan berat beberapa ratus pound dan telah menempuh perjalanan sejauh 1.500 meter.

Kelimutu, Danau Paling Berwarna

Kelimutu, Danau Paling Berwarna
Kelimutu, Danau Paling Berwarna

Kelimutu (Keli Mutu) adalah gunung berapi di pusat Flores, Indonesia, terkenal dengan 3 danau kawah asam berwarna-warni, di mana garam yang berbeda dan oksida dalam suspensi atau larutan memberikan warna danau yang dapat berubah-ubah.

Warnau danau Kelimutu bisa bervariasi mulai dari hijau, biru dan gelap menjadi merah intens. Danau Kelimutu berada pada ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut ini terletak di puncak Gunung Kelimutu.

Gunung Roraima, Gunung Puncak Datar

Gunung Roraima, Gunung Puncak Datar
Gunung Roraima, Gunung Puncak Datar

Gunung Roraima adalah yang gunung tertinggi dari wilayah Pakaraima dengan puncak datar di dataran tinggi di Amerika Selatan. Gunung termasuk titik perbatasan tiga Negara yaitu Venezuela, Brasil dan Guyana.

Gunung Roraima terletak di perbatasan Guyana di sudut tenggara dari Canaima National Park Venezuela 30.000 km persegi yang membentuk puncak tertinggi Rentang Dataran Tinggi Guyana. Gunung dengan Puncak datar ini dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu.

BACA:  Darimana Sebenarnya Suku Sunda Berasal?

Tsingy de Bemaraha, Hutan Batu

Tsingy de Bemaraha, Hutan Batu
Tsingy de Bemaraha, Hutan Batu

Terletak dekat pantai barat Madagaskar, Tsingy de Bemaraha adalah lanskap karst dari pinnacles kapur tajam disebut tsingy. Ngarai spektakuler dari sungai dan bukit-bukit Manambolo memotong melalui tsingy menciptakan pemandangan yang beragam. Hutan tidak terganggu, danau dan rawa bakau dari taman nasional adalah habitat langka dan burung.

Crystal Cave, Gua Kristal Raksasa

 Gua Kristal Raksasa
Crystal Cave, Gua Kristal Raksasa

Gua Kristal Raksasa (Crystal Cave) adalah sebuah gua yang terhubung ke Tambang Naica sekitar 300 meter (980 kaki) di bawah permukaan Naica daerah Chihuahua, Meksiko.

Ruang utama berisi kristal Selenite raksasa, beberapa kristal alam terbesar yang pernah ditemukan. Kristal terbesar di gua ditemukan sampai saat ini panjangnya mencapai 12 m (39 kaki), dengan diameter 4 m (13 kaki) dan berat 55 ton. Gua sangat panas dengan suhu udara mencapai hingga 58 ° C (136 ° F) dengan 90-99 persen kelembaban. Gua ini relatif belum diselidiki karena faktor-faktor ini.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN