Kedalaman Danau Toba

 

AJAIBNYA.COM – Kedalaman danau Toba memang belum banyak yang bisa memastikannya. Sebagai salah satu danau purba di Asia Tenggara, danau Toba memang menyimpan banyak sekali misteri, mitos dan legenda yang hingga kini masih sering dijumpai, didengarkan bahkan dialami sendiri oleh warga di sana.

Website Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuliskan bahwa kedalaman maksimal danau Toba adalah 529 meter. Entah apakah kedalaman ini merupakan hasil pengukuran nyata atau hanya prakiraan saja.

Danau Toba di Sumatera UtaraDanau Toba di Sumatera Utara

Soalnya dipercaya bahwa setiap kali ada upaya pengukuran kedalaman danau Toba, selalu saja terjadi masalah. Dalam sebuah status di Facebook, ada yang menulis bahwa sebenarnya tidak ada angka pasti yang menunjukkan berapa kedalaman danau Toba.

BACA:  10 Keajaiban Dunia Yang Ada Di Indonesia

Hingga kini belum pernah ada yang bisa mengukurnya dan bisa kembali dengan selamat. Konon, setiap kali ada yang coba menyelam untuk mengukur kedalamannya, dipercaya orang itu tidak akan selamat. Benarkah demikian?

Faktanya, dulu ada seorang bule yang menyelam di danau Toba. Menurutnya, di dalam danau ternyata ada perkampungan, serupa dengan perkampungan kita di dunia, dimana ada orang yang berjualan, bermain, dan sebagainya. Sesaat ketika orang bule itu siap bercerita, dia langsung muntah darah dan akhirnya meninggal dunia.

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara, juga sekaligus merupakan danau purba karena terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu. Karena terkenal dengan keindahan alaminya, kini danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata bagi turis mancanegara maupun domestik.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN