Contoh Diagram dan Penjelasannya

 

AJAIBNYA.COM – Contoh diagram dan penjelasannya memang tidak terlalu banyak bisa ditemukan di internet, apalagi jika kita memang tidak tahu bagaimana cara mencari informasi yang benar tentang diagram dan penjelasannya.

Selain tidak lumrah dicari, contoh diagram dan penjelasannya sebenarnya sudah banyak dibahas dalam buku-buku pelajaran di sekolah. Namun, kami tetap akan menjelaskannya di sini.

Diagram adalah suatu representasi simbolis dari sejumlah informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi 3 dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan 2 dimensi. Biasanya, diagram disebut juga sebagai grafik.

Ada banyak sekali jenis diagram dan contoh-contohnya. Misalnya diagram pohon, diagram jaringan, diagram Venn, diagram batang dan diagram kereta. Juga dikenal adanya diagram atau grafik eksistensial, grafik fungsi, diagram 3 dimensi dan lain sebagainya.

BACA:  Puisi dan Sajak Bahasa Sunda Tentang Alam

Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh diagram yang bisa kami sajikan dalam artikel ini:

DIAGRAM POHON dan PENJELASANNYA

Diagram pohon (tree diagram) adalah teknik yang digunakan untuk memecahkan konsep apa saja, misalnya kebijakan, target, tujuan, sasaran, gagasan, persoalan, tugas-tugas, atau aktivitas-aktivitas secara lebih rinci ke dalam sub-sub komponen, atau tingkat yang lebih rendah dan rinci.

Contoh diagram pohon:

Contoh Diagram Pohon

DIAGRAM JARINGAN dan PENJELASANNYA

Diagram jaringan merupakan teknik yang digunakan untuk memperlihatkan pengurutan aktivitas. Diagram jaringan merupakan logika model yang menggambarkan hubungan antara masing-masing kegiatan serta menjelaskan arus operasi sejak awal hingga selesainya kegiatan-kegiatan proyek.

Ada 2 peran dan fungsi diagram jaringan, yakni sebagai alat perencanaan proyek dan juga untuk ilustrasi secara grafik dari kegiatan-kegiatan suatu proyek. Di bawah ini adalah contoh sebuah diagram jaringan:

BACA:  Khasiat Batu Zamrud

Contoh Diagram Jaringan

DIAGRAM VENN dan PENJELASANNYA

Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek. Diagram Venn biasanya sering digunakan dalam mata pelajaran Matematika.

Contoh diagram Venn:

Contoh Diagram Venn

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

definisi air terjung menurut para ahli, sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera

JANGAN LEWATKAN