Superfloods Global Sebabkan Paparan Sunda Terendam

 

Sambungan dari artikel Sundaland Memenuhi Kriteria Atlantis

AJAIBNYA.COM – Sembilan ribu tahun adalah jumlah tahun yang telah berlalu. Kebetulan, pernyataan ini terkait  dengan baik dengan penelitian ilmiah terbaru tentang krisis pada akhir Zaman Es. Sebagian besar Paparan Sunda terendam kebanjiran relatif cepat antara 14.000 dan 11.000 tahun yang lalu .

Sementara sebagian besar wilayah telah hilang dalam  ‘superfloods global‘  pertama dari tiga banjir besar, 14.000 tahun yang lalu, hampir semua continental shelf kuno  telah terendam selama banjir kedua sekitar 11.000 tahun yang lalu.

Superfloods Global Sebabkan Paparan Sunda Terendam
Superfloods Global Sebabkan Paparan Sunda Terendam

Yang paling signifikan hanya dari superflood ketiga sekitar 7.500 tahun yang lalu yang menjadi pembukaan Selat Malaka antara Malaya dan Sumatera.

Jika kita memaafkan dia untuk menghilangkan banjir pertama, baik pengamatan Plato tentang kejadian 11.600 tahun yang lalu hanya kebetulan, atau kita bisa dibenarkan berspekulasi bahwa Mesir menyimpan catatan, atau setidaknya tradisi, yang penanggalanya kembali ke zaman 9.600 SM.

Bahkan, ada sebuah referensi terhadap tiga superfloods di catatan Plato, tentang para pendeta Mesir mengatakan kepada Solon:

“Anda hanya ingat banjir tunggal saja, tapi yang sebelumnya ada banyak”

Jadi mungkin catatan tersebut memang ada! Plato jelas menyinggung kondisi maritim yang tidak menguntungkan yang disebabkan oleh puing-puing bawah air dan hambatan di wilayah daratan Atlantis yang tenggelam setelah kehancurannya, baik di Timaeus:

“… di bagian-bagian Laut yang tak dapat dilewati dan ditembus, karena ada kawanan lumpur di jalan, dan ini disebabkan oleh penurunan dari pulau.”

dan lagi dalam Critias:

BACA:  Bahasa Manusia Modern Berawal dari Kawasan Asia Tenggara

“[Laut] menjadi tak dapat dilalui pelaut yang berlayar karena hambatan  lumpur dari sini  ke setiap bagian dari laut.”

Hari ini Laut Cina Selatan di sekitar Paparan cekungan Sunda sangat dangkal  seperti hamparan besar air, yang tidak pernah jauh lebih dalam dari 50 sampai 60 meter.

Hal ini kontras dengan kedalaman terjal Atlantik atau Pasifik. Kita bisa berspekulasi bahwa seiring dengan bencana banjir, aktivitas seismik bisa terjadi, yang akan memperkenalkan sejumlah besar abu vulkanik dan puing-puing ke Laut Cina Selatan yang baru terbentuk Laut.

Gunung berapi Krakatau, tahun 1883 terkenal dengan ledakannya, juga bisa terlibat, gunung ini pernah berdiri dengan memiliki kebanggaan antara Sumatera dan Jawa.

OK, Anda mungkin berkata, tapi adakah informasi yang lebih spesifik dalam Dialog menyarankan lokasi Asia Tenggara untuk Atlantis? Dalam Critias, ada banyak untuk menyarankan iklim subur dan tropis, misalnya:

BACA:  Sundaland Sebagai Benua Atlantis yang Hilang

“Bahwa pulau suci yang kemudian diberkahi melihat cahaya matahari”

Ini bisa menjadi versi kuno dari bahasa Inggris modern ‘melihat cahaya siang  hari’, yaitu. untuk ada (sebelum banjir, Sundaland melihat cahaya hari, setelah itu tidak lagi melakukannya, karena itu air), tapi rasa itu bisa mengacu pada ketinggian matahari di atas cakrawala. Sebuah terjemahan alternatif dari frase yang sama diberikan di bawah ini:

“Bahwa pulau suci, itu masih di bawah matahari”

Jika lintang tropis tersirat oleh Plato, ini bisa menjelaskan pilihan kata-kata, karena matahari akan sangat jauh lebih tinggi di langit pada tengah daripada di daerah beriklim Mediterania. Memang, di khatulistiwa, yang rapi membagi dua wilayah Indonesia, matahari muncul tepat di atas kepala! Saya akui, saya hanya berspekulasi di sini, tapi apa lagi dalam Dialog bisa menunjukkan lingkungan, subur subur?

“Pulau itu sendiri diberikan sebagian besar dari apa yang diperlukan oleh mereka untuk menggunakan hidup, juga apapun yang harum, hal itu sekarang ada di bumi, baik akar, atau daun-daunan, atau kayu, atau esensi yang menyaring dari buah dan bunga tumbuh dan berkembang di negeri itu “

Cukup surga tampaknya, bukan?! Eksotis buah-buahan dan, sayuran bumbu dan rempah-rempah juga. Lain, petunjuk mungkin lebih besar untuk iklim, tropis, dan tidak beriklim diberikan di bawah ini:

BACA:  Diselidiki Empat Gunung Dan Satu Bukit di Luar Jawa Yang di Yakini Piramida

“Dua kali dalam setahun mereka berkumpul buah dari bumi – di musim dingin memiliki manfaat hujan dari langit, dan di musim panas air yang tanah disediakan dengan memperkenalkan aliran dari kanal.”

Tentunya ini menunjukkan iklim didorong oleh hujan musiman, seperti halnya di banyak bagian selatan dan Asia Tenggara hari ini? Dengan ‘dingin’, Plato mengacu pada musim hujan, dan ‘panas’ akan mengacu pada musim kemarau.

Tentu saja, pasti ada beberapa perbedaan dari pola saat ini, karena pendinginan sedikit selama Zaman Es, dan daratan ekstra yang Sundaland disajikan kepada setiap sistem cuaca yang datang dari laut. Juga, jelas dari kutipan di atas bahwa Atlantis menyusun skema irigasi yang efektif, masalah yang saya akan kembali ke bawah.

Ternyata, tanah itu Atlantis secara ekstensif hutan, karena Plato membuat sejumlah referensi jumlah pohon, serta jumlah yang dihasilkan dari kayu yang tersedia untuk Atlantis.

Bersambung

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN