Gunung Marapi Akhirnya Meletus

 

AJAIBNYA.COM – Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat akhirnya meletus pada Rabu (26/2/2014) sekitar pukul 16.15 WIB. Gunung Marapi mengeluarkan hujan abu vulkanis dengan radius tiga kilometer ke arah selatan.

Hujan abu dirasakan oleh masyarakat dalam radius 3 km dari puncak gunung. Kawasan yang terkena dampak dari erupsi gunung Marapi ini adalah kawasan yang berada di bagian selatan Gunung Marapi seperti Kecamatan Batipuh dan Batipuh Selatan di Kabupaten Tanah Datar.

Gunung Marapi MeletusGunung Marapi Meletus

Gunung Marapi telah ditetapkan dalam status waspada sejak 3 Agustus 2013. Pada Januari 2014 tercatat sebanyak 57 erupsi, sedangkan di bulan Februari ini tercatat sudah 4 kali erupsi. Erupsi yang terjadi kemarin merupakan yang terbesar di tahun 2014.

BACA:  Contoh Karangan Eksplanasi

Meskipun demikian, status Gunung Marapi saat ini masih tetap dalam status waspada, tanpa mengalami perubahan. Masyarakat setempat dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan sedapat mungkin menggunakan masker, mengingat gangguan kesehatan yang akan terjadi akibat hujan abu tersebut.

Erupsi yang cukup besar dari gunung Marapi ini dikhawatirkan ikut berpengaruh pada dua gunung lain yang saling berdekatan, yaitu Gunung Tandikek dan Gunung Kerinci yang sama-sama berstatus waspada. Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat melarang masyarakat melakukan aktivitas pendakian ke tiga gunung tersebut.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN