Manfaat Radioisotop Karbon 14 (Carbon-14)

 

AJAIBNYA.COM – Radioisotop adalah isotop suatu unsur radioaktif yang memancarkan sinar radioaktif. Pada negara-negara maju penggunaan dan penerapan radioisotop telah dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan.

Penggunaan radioisotop dapat dibagi ke dalam 2 macam, yaitu sebagai perunut dan sebagai sumber radiasi. Sebagai perunut, radioisotop digunakan untuk mengikuti unsur dalam suatu proses yang menyangkut senyawa atau sekelompok senyawa.

Radioisotop KarbonGambar Molekul Radioisotop Karbon

Radioisotop juga dapat dipakai sebagai sumber sinar pengganti sumber lain misalnya sumber sinar X. Radioisotop dapat dimanfaatkan sebagai perunut karena energi sinar yang dipancarkannya serta waktu paruhnya yang merupakan sifat khas radioisotop tersebut.

Radioisotop telah dimanfaatkan untuk berbagai bidang kehidupan, mulai dari kedokteran, pertanian, penyimpanan makanan, industri, hidrologi, sains, bidang kimia, dan pengukuran usia bahan organik.

BACA:  Contoh Karangan Eksplanasi

RADIOISOTOP KARBON 14 (Carbon-14)

Nah, khusus untuk pengukuran usia suatu bahan organik, radioisotop yang sering digunakan adalah karbon 14 (Carbon-14). Sebagaimana diketahui, radioisotop karbon-14 ini terbentuk di bagian atas atmosfer dari penembakan atom nitrogen dengan neutron yang terbentuk oleh radiasi kosmik.

Karbon-14 adalah isotop radioaktif karbon dengan inti yang mengandung 6 proton dan 8 neutron. Keberadaannya dalam bahan organik adalah dasar dari metode penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan umur pada sampel-sampel arkeologi, geologi, dan hidrogeologi.

MANFAAT RADIOISOTOP KARBON 14 (Carbon-14)

Radioisotop karbon 14 (Carbon-14) digunakan untuk mengukur usia bahan organik. Biasanya, radioisotop Carbon-14 ini dipakai untuk mengukur usia fosil dan benda-benda purbakala.

BACA:  Contoh Karangan Argumentasi

Selain itu, radioisotop Carbon-14 ini sering juga digunakan dalam riset kimia, yaitu dalam teknik yang disebut pelabelan karbon. Dalam proses ini, beberapa atom karbon-12 dari senyawa tertentu digantikan dengan atom-atom dari karbon-14 agar dapat memantaunya di sepanjang terjadinya reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada senyawa tersebut.

***

Demikianlah manfaat dari radioisotop karbon-14 (Carbon-14) ini. Semoga bermanfaat!

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN