Contoh Sajak dan Puisi Bahasa Bali

 
 

Puisi Bahasa BaliAJAIBNYA.COM – Seperti halnya dengan sajak dan puisi dalam bahasa Sunda dan Jawa, contoh sajak dan puisi dalam bahasa Bali juga kini ramai dicari-cari oleh anak sekolah.

Sebenarnya hal ini sangat positif karena secara tidak langsung akan mengkondisikan anak-anak untuk mengenali budayanya masing-masing sejak kecil.

Mengenali dan memahami tradisi budaya daerah merupakan salah satu syarat munculnya kecintaan akan negeri sendiri. Jika sejak kecil anak-anak sekolah sudah diajarkan tentang sajak dan puisi bahasa Bali misalnya, mereka akan dengan mudah menguasainya ketika sudah dewasa nanti.

Selain itu, dengan memberikan tugas membuat contoh sajak atau puisi dalam bahasa Bali, anak-anak pastinya akan bertanya-tanya seputar hal tersebut, baik kepada orang tua, teman atau kerabat mereka. Dalam proses itu, ada interaksi budaya antara yang tua dengan yang muda. Hal ini sangat dibutuhkan untuk melanggengkan tradisi dan budaya setempat.

BACA:  Contoh Naskah Dongeng Pendek

Sebagaimana juga dengan daerah lain, Bali merupakan wilayah yang sarat dengan tradisi dan adat istiadat bernilai tinggi. Sebagai pusat sebaran orang-orang beragama Hindu di Indonesia, tradisi budaya Bali memang lebih condong ke arah Hinduism. Ini menjadi unik dan menarik, sehingga banyak orang mengunjungi pulau Bali untuk melihat dan mempelajari keindahan adat istiadat serta budaya Bali.

Kembali ke soal sajak dan puisi dalam bahasa Bali. Jika Anda benar-benar membutuhkan contoh sajak dan puisi bahasa Bali, maka berikut ini adalah beberapa yang bisa Anda pelajari sebagai bahan referensi menyelesaikan tugas sekolah.

Pulo Bali

Iriki titiang nglanguang manah
Ngilangang manah sebet
Nuut saking doh jagat
Anake nglanguang kayun
Iriki ring jagat siu pura
Jagate sane asri
Sane kaloktah dura negarane
Puniki ring Pulo Bali

Sajak dan puisi dalam bahasa Bali berikutnya seperti tercantum di bawah ini:

Magae di Carik

Sesai titiang ka carik
Nulungin bapan titiange magae
Nulungin ngaritang sampi
Mangda sampine gelis ageng
Yan sampun sampine ageng
Pacang adol
Jinahe tumbasang malih godel
Sisane tumbusang panganggo

Yan bapan titiange di carik mamula padi
Tiang nulungin
Di sampun padine kuning
Tiang sareng manyi

Terakhir di bawah adalah contoh lain dari puisi atau sajak dalam bahasa Bali:

Ring Pasisi Kuta

Ring pasisi Kuta
Genah wong nganggoang kita
Nantang matanai sawai-wai
Mamokak nglawan ombak
Tan madalem awak
Kajagjagin
Kaplaiban
Kakecosin
Kasulubin
Tan kapok kabicundang
Tan mari nantang

Ring pasisi Kuta
Tan wenten tawah
Sane tawah lumrah
Sami lumrah
Sami tawah
Sami punah
Suksrah kangge manah
Kaangge jinah
Jinah
Jinah
Lan jinah

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

definisi air terjung menurut para ahli, sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera

JANGAN LEWATKAN