Keajaiban Manusia Purba Sulawesi Hidup Ratusan Ribu Tahun Lalu

 

AJAIBNYA.COM – Sebuah tim ilmuwan dari Australia menduga bahwa Sulawesi pernah didiami oleh sebuah spesies manusia purba misterius, yang lebih dahulu mendiami pulau Sulawesi itu ketimbang manusia modern atau Homo sapiens pada masa kini.

Keajaiban Manusia Purba Sulawesi Hidup Ratusan Ribu Tahun Lalu
Ilmuwan menemukan ratusan perkakas yang terbuat dari batu di daerah Talepu

Hal itu terungkap karena para ilmuwan akhirnya dapat menemukan ratusan perkakas yang terbuat dari batu di daerah Talepu, sebuah situs purbakala di Sulawesi Selatan yang berusia setidaknya 118.000 tahun!

Menurut para ilmuwan, temuan itu mengindikasikan bahwa sudah ada manusia di pulau Sulawesi pada masa itu.

Meski demikian, para ilmuwan belum menemukan satu pun fosil manusia purba di kawasan tersebut.

BACA:  Peradaban Sunda Purba di Sekitar Gunung Sunda

“Kami kini punya bukti langsung bahwa ketika manusia modern tiba di Sulawesi sekitar 60.000 sampai 50.000 tahun silam, mereka bertemu dengan suatu kelompok manusia purba yang sudah mendiami pulau itu sejak dahulu kala,” kata Gerrit van den Bergh dari Universitas Wollongong, Australia.

Pada tahun 2004 lalu, di tanah Indonesia ini para ilmuwan sudah menemukan manusia “hobit” dari pulau Flores atau Homo floresiensis, spesies manusia yang juga lebih tua dari Homo sapiens, dan hidup di Liang Bua, Manggarai, Nusa Tenggara Timur  yang tepat berada di selatan Sulawesi.

Fosil hobit dari pulau Flores, yang tingginya hanya sekitar 1,1 meter, ditemukan bersama dengan perkakas batuan yang digunakan sebagai senjata untuk berburu gajah purba mini yang juga hidup di pulau vulkanik itu.

BACA:  Keunikan Batu Bacan yang Sangat Terkenal

“Seperti di Flores, tempat hidup Homo floresiensis yang sangat terisolasi selama hampir sejuta tahun, itu artinya pulau Sulawesi juga bisa menjadi tempat hidup spesies manusia yang terisolasi. Pencarian fosil para pembuat perkakas di Talepu kini terbuka,” kata Van den Bergh.

Adapun manusia hobit dari pulau Flores diduga hidup sejak 94.000 tahun sampai 13.000 tahun lalu. Ini membuktikan bahwa wilayah pulau-pulau di Indonesia terdapat manusia-manusia yang terisolasi pada zaman dahulu kala.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN