Sejarah Sunda

 

AJAIBNYA.COM – Sejarah Sunda memang sangat menarik dibahas. Kata Sunda bisa mengandung berbagai arti yang secara umum berkaitan dengan suku Sunda di bagian barat pulau Jawa.

Menurut Wikipedia, catatan sejarah tertua yang sudah ditemukan mengandung kata “Sunda” adalah Prasasti Kebonkopi yang dibuat pada tahun 458 Saka (536 M) yang menunjuk pada adanya kerajaan Sunda.

Kata “Sunda” dipercaya berasal dari bahasa Sanskerta yang bisa berarti ‘cahaya’ atau ‘air’. Dalam naskah historis lainnya disebutkan bahwa Sunda merujuk pada ibukota Kerajaan Tarumanagara yang bernama Sundapura. Sehingga masyarakat yang menghuni wilayah tersebut dikenal sebagai orang Sunda yang disebut hingga kini.

Sebagai catatan, kerajaan Tarumanagara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang terbukti dengan bukti prasasti dan berita naskah kuno di negeri Tiongkok.

BACA:  Daftar Nama Gunung - Gunung Dalam Bahasa Sansekerta

Hingga kini, letak pasti kota Sundapura masih menjadi penelitian para ahli, apakah di Jakarta, Bekasi atau Karawang sekarang. Hanya saja, di Karawang terdapat situs percandian Batujaya seluas 5 km persegi yang menunjukkan tumbuh kembangnya kebudayaan Sunda sejak abad 2 Masehi hingga abad 12 Masehi.

VIDEO SEJARAH SUNDA

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah Sunda, silahkan simak video di bawah ini:

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sajak sunda sedih, kesaktian eyang surya kencana, Java tel aviv, kayu tlogosari, orang terkaya di dharmasraya, naskah drama bahasa sunda 10 orang, sunan pangkat, tokoh wayang berdasarkan weton, penguasa gaib pulau sumatera, Ki sapu angin

JANGAN LEWATKAN